Bantul Punya 4 RTH Baru, di Sini Lokasinya

Kamis, 26 Oktober 2023 – 11:08 WIB
Bantul Punya 4 RTH Baru, di Sini Lokasinya - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Anak-anak bermain di Ruang Terbuka Hijau (RTH). Foto: Ricardo/jpnn.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Empat ruang terbuka hijau (RTH) di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), akan segera dibangun oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat.

RTH yang rencananya dibangun menggunakan anggaran tahun 2023 itu ditujukan untuk menjadi tempat bagi warga Bantul agar bisa beraktivitas di ruang publik.

Kepala DLH Bantul Ari Budi Nugroho mengatakan empat titik pembangunan RTH, yaitu di Gose, Kecamatan Pajangan, kemudian Trirenggo, dan kawasan pedestrian Bejen.

Dia menyatakan bahwa di empat lokasi tersebut, ada RTH yang baru dibangun, ada juga yang dilengkapi dengan hijauan agar membuatnya lebih menarik dan nyaman untuk aktivitas masyarakat di tempat publik.

"Sekarang RTH yang di Trirenggo itu sudah tambah lagi dan kami bisa menggambarkan itu sekarang sangat bermanfaat. Jika lewat sana, tidak lihat jam, pagi mesti ada, siang ada, sore ada, malam ada aktivitas masyarakat," katanya.

Dia menyatakan bahwa tujuan utama pemerintah daerah adalah untuk meningkatkan kenyamanan fasilitas publik dengan menambah RTH sehingga orang-orang yang melihatnya ingin menjadikan tempat fasilitas publik itu benar-benar dapat digunakan.

"Apalagi kegiatan ekonominya juga di sana sehingga sekarang berkembang. Kemudian yang di Bejen kami tambah lagi dan kami tata lagi sehingga dari sisi RTH tetap terjaga, tetapi dari sisi visual dan penataan kawasan juga makin baik," ucap dia.

Dia juga mengatakan bahwa RTH di wilayah perkotaan Bantul saat ini berkisar antara 13 hingga 14 persen, yang diakui masih di bawah standar minimal. Dia juga menyebut bahwa RTH di fasilitas publik harus minimal 20 persen.

DLH Bantul membangun empat ruang terbuka hijau (RTH) baru yang bisa dimanfaatkan oleh warga Bantul untuk beraktivitas bersama keluarga.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia