Pemkot Jogja Waspadai Cacar Monyet di Wilayahnya

Kamis, 02 November 2023 – 10:50 WIB
Pemkot Jogja Waspadai Cacar Monyet di Wilayahnya  - JPNN.com Jogja
Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo dalam sesi konferensi pers di Balai Kota Yogyakarta pada Rabu (1/11). Foto: Diskominfo Pemkot Jogja

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta meminta masyarakat mewaspadai penyakit cacar monyet.

Cacar monyet sendiri masuk kategori penyakit menular.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani menjelaskan bahwa gejala klinis cacar monyet hampir sama dengan cacar air.

"Hanya bedanya kalau yang cacar monyet ini ada lesi cacar berupa benjolan berisi air atau nanah. Juga ada pembesaran kelenjar getah bening,” kata Emma pada Rabu (1/11).

Menurut Emma penularan cacar monyet bisa melalui sentuhan, udara hingga hubungan seks.

“Karena virus jadi bisa menular lewat udara sehingga untuk pencegahannya yang utama sebetulnya penggunaan masker," ujarnya.

Kemudian, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan pihaknya akan melakukan langkah-langkah antisipasi karena kasus cacar monyet sudah terjadi di beberapa daerah.

“Jadi, Pemerintah Kota Yogyakarta akan mengoptimalkan langkah-langkah antisipasi dan pencegahan penyakit cacar monyet. Sampai saat ini belum ada yang terkonfirmasi di Kota Yogyakarta terkena cacar monyet,” kata Singgih.

Pemerintah Kota Yogyakarta mengatakan pihaknya akan melakukan langkah-langkah antisipasi menangani kasus cacar monyet.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News