Dinkes Kota Jogja Minta Masyarakat Waspadai Berbagai Penyakit Saat Musim Hujan

Kamis, 16 November 2023 – 09:03 WIB
Dinkes Kota Jogja Minta Masyarakat Waspadai Berbagai Penyakit Saat Musim Hujan - JPNN.com Jogja
Sebagian orang percaya minuman dingin, contohnya es, dianggap bisa memperburuk kondisi penyakit, seperti batuk dan pilek akibat flu.ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Saat ini Kota Yogyakarta sudah mulai diguyur hujan sehingga masyarakat diharapkan menjaga kesehatan mereka agar tidak mudah terserang penyakit.

Kepala Bidang P2P PD dan SIK Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dr. Lana Unwanah mengatakan pada musim hujan virus lebih mudah berkembang biak karena suhu dingin.

"Selain itu, udara dingin juga berdampak buruk pada kinerja sistem imun dalam melindungi tubuh dari virus-virus tersebut," kata dr. Lana saat dihubungi, Rabu (15/11).

Memasuki musim hujan ini masyarakat Yogyakarta diminta mewaspadai penyakit seperti influenza, demam berdarah dan leptospirosis.

Untuk meminimalisir influenza, ia menyarankan agar masyarakat memenuhi asupan harian, mengonsumsi vitamin dan olahraga secara teratur.

"Sebagian besar kasus dapat sembuh dengan sendirinya. Penderita dianjurkan untuk istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan imunitas," katanya.

Kemudian, demam berdarah menjadi kasus yang perlu mendapatkan perhatian serius.

Menurutnya, demam berdarah di Kota Yogyakarta hingga Oktober 2023 terdapat 65 kasus.

Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta meminta masyarakat mewaspadai penyakit-penyakit ini memasuki musim penghujan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia