67 Titik CCTV di Gunungkidul, Berguna Bagi Wisatawan

Selasa, 19 Desember 2023 – 19:11 WIB
67 Titik CCTV di Gunungkidul, Berguna Bagi Wisatawan - JPNN.com Jogja
Ilustrasi kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV). Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Wisatawan yang akan berkunjung ke Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), saat libur Natal dan Tahun Baru 2024 bisa memanfaatkan akses televisi sirkuit tertutup atau CCTV yang telah disediakan oleh pemerintah setempat.

Total ada 67 titik yang telah dipasangi CCTV oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul. Kamera pengawas itu berguna untuk mengetahui kondisi lalu lintas hingga situasi di objek wisata.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul Setiyo Hartato mengatakan ke-67 itu dipasang di area publik, termasuk di ruas jalan hingga objek wisata di Gunungkidul.

"Masyarakat umum, termasuk wisatawan bisa melihat kondisi lalu lintas sebelum berangkat menuju kawasan wisata," kata Setiyo Hartato.

Ia mengatakan pantauan CCTV di 67 titik ini bisa diakses secara luas oleh masyarakat melalui kanal youtube kominfo Gunungkidul.

Ia mengatakan CCTV yang dipasang di jalur wisata utama pantai dan lokasi wisata, yakni jalur wisata dari kawasan Patuk, sampai ke pintu masuk kawasan pantai. Kemudian, CCTV dipasang di kawasan pantai seperti Baron dan Kukup.

Tidak hanya wilayah barat, tetapi juga wilayah jalur timur, mulai Semin, Karangmojo, hingga Kota Wonosari bisa terpantau CCTV.

"Ke depan, lokasi pemasangan CCTV terus ditambah. Selain sebagai informasi kepada warga, juga untuk mendukung upaya pemerintah mengembangkan pariwisata," kata Setiyo.

Wisatawan yang akan berlibur ke Gunungkidul bisa memant situasi dari CCTV yang telah disediakan oleh pemerintah setempat.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News