Begini Skema Penataan Pedagang di Pasar Godean

Jumat, 31 Mei 2024 – 11:00 WIB
Begini Skema Penataan Pedagang di Pasar Godean - JPNN.com Jogja
Maket revitalisasi Pasar Godean Sleman. ANTARA/HO-Disperindag Sleman

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Revitalisasi Pasar Godean yang terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebentar lagi rampung.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman Mae Rusmi Suryaningsih mengatakan revitalisasi Pasar Godean semula ditargetkan selesai pada akhir Mei, tetapi diperkirakan mundur hingga Juli 2024.

Saat ini, Disperindag Sleman sedang mematangkan skema penataan pedagang yang nantinya akan mengisi kios-kios di Pasar Godean.

"Setelah revitalisasi, Pasar Godean akan menampung sebanyak 1.837 pedagang yang selama ini menempati pasar tersebut," katanya.

Revitalisasi Pasar Godean sudah berlangsung sejak pertengahan April 2023 dan dikerjakan menggunakan sistem tahun jamak (multiyears) dengan nilai pagu anggaran untuk pengerjaan fisik sekitar Rp 90 miliar.

"Pasar Godean nantinya juga akan terhubung dengan food court. Kemudian juga akan ditambah bangunan parkir yang akan mulai dikerjakan pada 2025. Khusus untuk revitalisasi pasar, yang mengerjakan Kementerian PUPR," katanya.

Mae mengatakan skema penataan pedagang di Pasar Godean nantinya akan menerapkan sistem zonasi yang disesuaikan dengan jenis komoditas.

"Lantai satu nantinya untuk pedagang yang menjual komoditas basah seperti sayur, buah-buahan, hingga daging. Pedagang basah akan ditempatkan pada los yang dekat dengan saluran air," katanya.

Pasar Godean sebentar lagi akan selesai direvitalisasi. Skema penataan pedagang sudah disiapkan oleh Disperindag Sleman.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News