2 Pasar di Bantul Ingin Direvitalisasi, Butuh Dana Rp 12 Miliar

Kamis, 23 Mei 2024 – 12:45 WIB
2 Pasar di Bantul Ingin Direvitalisasi, Butuh Dana Rp 12 Miliar  - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Revitalisasi pasar tradisional. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dua pasar rakyat di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diusulkan untuk direvitalisasi menggunakan dana alokasi khusus (DAK) 2025 dari pemerintah pusat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Bantul Husin Bahri mengatakan dua pasar itu adalah Pasar Piyungan dan Pasar Mangiran.

"Untuk revitalisasi pasar rakyat di Bantul pada 2025 kami mengajukan revitalisasi Pasar Piyungan dan Pasar Mangiran melalui Kementerian Perdagangan dengan DAK," kata Husin di Bantul, Rabu (22/5).

Dia mengatakan bahwa kebutuhan anggaran, kesiapan lahan, dan sebagainya saat ini sedang dalam proses perencanaan.

Pada Juni 2024 akan ada pembahasan khusus terkait dengan persiapan tersebut, lalu pada Oktober atau November 2024 baru mendapat kepastian apakah usulan tersebut disetujui atau tidak.

Husin mengatakan revitalisasi dua pasar itu tidak menggunakan APBD karena dananya terbatas. Jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk merevitalisasi pasar Piyungan dan Mangiran masing-masing mencapai Rp 4 miliar dan Rp 8 miliar.

"Sudah ada hitung-hitungan secara umum dan mengarah bagaimana dua pasar itu betul-betul menjadi pasar strategis karena Pasar Mangiran yang ada di Jalan Raya Srandakan itu berada di jalur strategis menuju tempat wisata dan Bandara Internasional Yogyakarta," katanya.

Dengan demikian, kata dia, harapannya dapat mencerminkan wajah Bantul di sektor pasarnya karena Pasar Mangiran dan Piyungan juga berada di jalur wisata yang berbatasan dengan kabupaten lain di Provinsi DIY.

Pemkab Bantul berencana untuk merevitalisasi dua pasar rakyat, yaitu Pasar Piyungan dan Pasar Mangiran.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia