Dinas Ketahanan Pangan Bantul Blusukan ke Pasar, Inilah Hasilnya

Kamis, 03 Februari 2022 – 00:35 WIB
Dinas Ketahanan Pangan Bantul Blusukan ke Pasar, Inilah Hasilnya - JPNN.com Jogja
Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul memeriksa daging yang dijual di Pasar Bantul. Foto: Humas Pemkab Bantul

jogja.jpnn.com, BANTUL - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul memantau pangan segar asal hewan di pasaran.

Rabu (2/2), instansi itu mendatangi los daging sapi, ayam, dan tempat penggilingan daging di Pasar Bantul.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kabupaten Bantul Kusumandari mengatakan kegiatan itu merupakan agenda rutin untuk melindungi konsumen.

"Ke depannya, apa yang dibeli oleh konsumen itu secara higienis dan memenuhi standar daging yang aman, sehat, utuh, dan halal atau ASUH," ujarnya.

Menurutnya, daging yang baik dikonsumsi memiliki tingkat keasaman (pH) 4,5-5,5. Selain memeriksa pH, DKPP Bantul juga meneliti warna dan kelenturan dagung.

Kusumandari menyebutkan hasil pemeriksaan instansinya menunjukkan sebagian besar daging yang dijual di Pasar Bantul memenuhi syarat secara fisik.

"Daging yang tidak memenuhi syarat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan uji laboratorium," kata Kusumandari.

Adapun pedagang yang menjual daging tak memenuhi syarat akan diberi pembinaan oleh DKPP Kabupaten Bantul.(mcr25/jpnn)

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul berupaya memastikan daging yang beredar di pasaran benar-benar aman, sehat, utuh, dan halal.

Redaktur : Antoni
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia