Wisuda UMY Tampil Beda, Kompak Kibarkan Bendera Palestina

Minggu, 09 Juni 2024 – 21:01 WIB
Wisuda UMY Tampil Beda, Kompak Kibarkan Bendera Palestina  - JPNN.com Jogja
Wisudawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY membentangkan poster dukungan kepada Palestina. Foto: Humas UMY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Wisudawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kompak mengibarkan bendera Palestina saat prosesi wisuda pada 5-6 Juni 2024.

Aksi tersebut sebagai bentuk dukungan UMY kepada negara Palestina.

Bendera Palestina berkibar diakhir acara wisuda yang berlangsung di gedung Sportorium UMY.

Rektor UMY Prof Gunawan Budianto mengajak seluruh elemen yang hadir mengutuk keras tindakan zionisme Israel.

“Zionisme ini adalah sebuah gerakan politik yang terbentuk akibat adanya penindasan atas bangsa Yahudi di Eropa. Namun, pada akhirnya justru perbuatan terkutuk itu juga dilakukan Zionis Yahudi kepada Palestina,” kata Gunawan dalam rilis yang diterima dari Humas UMY.

Guru Besar UMY bidang Ilmu Tanah tersebut menegaskan bahwa bangsa Indonesia harus bersuara menentang tindakan penjajahan. 

“Dalam pembukaan Undang-Undang Negara kita telah disebutkan, bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan,” katanya. 

Dalam upacara Wisuda Vokasi, Sarjana, dan Pascasarjana Periode IV Tahun Akademik 2023/2024 tersebut diikuti 1.401 wisudawan. (mcr25/jpnn)

Ada yang beda dalam acara wisuda Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kali ini, mereka kompak memberikan dukungan kepada Palestina.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Sukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News