Update Angka Kemiskinan di Kota Jogja

Rabu, 24 Juli 2024 – 13:02 WIB
Update Angka Kemiskinan di Kota Jogja - JPNN.com Jogja
Ilustrasi- Kemiskinan di Kota Yogyakarta. Foto: dok JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mengeklaim telah terjadi penurunan angka kemiskinan di wilayah tersebut.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik, pada 2024 angka kemiskinan di Yogyakarta sebesar 6,26 persen setara 28.790 jiwa.

Angka tersebut menurun dibandingkan 2023 yang mencapai 6,49 persen atau setara 29.480 jiwa.

Pj Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto mengatakan bahwa mengentaskan kemiskinan adalah prioritasnya.

“Tentunya upaya pengentasan kemiskinan menjadi kerja bersama antarperangkat daerah, instansi vertikal juga pihak terkait yang dalam penganggaran, penyusunan program intervensi dan implementasi penanggulangan kemiskinan disusun berdasarkan basis data yang ada,” kata Sugeng, Selasa (23/7).

Menurut Sugeng, basis data kemiskinan begitu penting sehingga program penanggulangan kemiskinan menjadi tepat sasaran dan berjalan optimal.

“Saat ini basis data sasaran kemiskinan berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE), kemudian yang sedang dalam proses adalah pemanfaatan data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek)," ujarnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta Agus Tri Haryono mengatakan Keputusan Wali Kota Yogyakarta Nomor 151 Tahun 2024 tentang Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Tahun 2024-2025 diharapkan menjadi solusi.

Angka kemiskinan di Kota Jogja diklaim menurun. Sebegini jumlahnya pada 2024. Pemkot berkomitmen untuk terus menurunkan angka kemiskinan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News