Rancananya, Tol Jogja-Solo Punya Jalur Sepeda, tetapi...

Rabu, 04 September 2024 – 22:04 WIB
Rancananya, Tol Jogja-Solo Punya Jalur Sepeda, tetapi...  - JPNN.com Jogja
Pembangunan Tol Yogyakarta - Solo. Foto: Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pembangunan tol jalur Yogyakarta-Solo direncanakan memiliki jalur khusus untuk sepeda yang membentang di seksi 1 antara Kartasura menuju Purowomartani.

Manajer Rekayasa Teknik dan Desain PT Jasamarga Jogja Solo Rizki Raditya mengatakan rencana itu muncul pada 2022 diusulan oleh Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Berdasarkan rencana, kata dia, jalur sepeda akan dibangun di kawasan Tol Yogyakarta-Solo seksi 1 yang menghubungkan Kartasura-Purwomartani sepanjang 42,3 kilometer.

"Kemarin itu di perencanaannya yang sempat kami buat sketsanya (jalur sepeda) baru sampai Prambanan," kata dia.

Berdasarkan perencanaan awal, menurut Rizki, pembuatan jalur sepeda akan berlokasi pada lahan di sisi kanan dan kiri tol.

Dia juga memastikan jalur sepeda tersebut aman karena berada di luar bangunan utama atau sisi luar tol.

"Aman karena di luar pagar meski nanti berdampingan dengan tol," kata dia.

Pembuatan jalur sepeda itu memang bertujuan untuk memberika akses kepada warga sekitar agar bisa memanfaatkan kawasan tol Yogyakarta-Solo sarana bersepeda, berolahraga, maupun aktivitas lain demi menghidupkan UMKM.

PT Jasamarga Jogja Solo berencana membangun jalur khusus sepeda di sepanajgn Tol Yogyakarta-Solo. Namun, rencana itu terkendala pengadaan lahan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia