Respons Jaringan Gusdurian Soal Kunjungan Paus Fransiskus

Rabu, 04 September 2024 – 23:24 WIB
Respons Jaringan Gusdurian Soal Kunjungan Paus Fransiskus - JPNN.com Jogja
Paus Fransiskus (tengah) berjabat tangan dengan sejumlah Uskup di Indonesia dalam kunjungannya di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (4/9/2024). ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/Ak/tom

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Jaringan Gusdurian menyambut baik kedatangan tokoh umat Katolik Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Organisasi yang menyebarkan nilai-nilai luhur Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu menilai kedatangan Paus Fransiskus bisa menjadi momentum untuk menyelesaikan berbagai persoalan sosial di Indonesia saat ini.

Direktur Jaringan Gusdurian Alissa Wahid mengatakan kedatangan Paus Fransiskus bisa menjadi awal bagi kerja-kerja kolaboratif lintas iman untuk mengadvokasi berbagai permasalahan masyarakat.

"Seperti yang sudah dilakukan oleh Gus Dur dan Romo Mangunwijaya saat mengadvokasi korban penggusuran warga di Kedung Ombo. Dialog antariman sudah berhasil diwujudkan, kini saatnya mewujudkan kerja kolaboratif antariman," kata Alissa Wahid dalam keterangan resminya pada Rabu (4/9).

Terlebih lagi, kata dia, Paus Fransiskus menunjukkan sikap kesederhanaan selama berkunjung ke Indonesia.

Paus Gereja Katolik ke-266 itu terpantau tidak menggunakan fasilitas yang berlebihan, misalnya dengan terbang menggunakan pesawat komersil dan tidak menggunakan mobil mewah.

Menurut Alissa, teladan Paus Fransiskus itu harusnya bisa dicontoh oleh pejabat publik di Indonesia.

"Di tengah wabah nafsu pada harta, politik uang, korupsi kolusi nepotisme, dan hasrat kekuasaan yang bertentangan dengan nilai agama dan demokrasi, Paus Fransiskus hadir dengan teladan kesederhanaannya," ujar Alissa.

Jaringan Gusdurian menyambut baik kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia. Ini bisa jadi momentum kerja sama lintas iman.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia