Sultan HB X Minta Warga Saling Bantu untuk Mengentaskan Kemiskinan

Kamis, 05 September 2024 – 09:00 WIB
Sultan HB X Minta Warga Saling Bantu untuk Mengentaskan Kemiskinan - JPNN.com Jogja
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X seusai rapat paripurna di DPRD DIY pada Rabu (13/3). Foto: Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengapresiasi terobosan warga Banjarharjo, Kalibawang, Kulon Progo dalam menggabungkan program Desa Preneur, Desa Budaya, Desa Wisata, dan Desa Prima melalui dukungan Dana Keistimewaan.

Menurut Sultan, masyarakat di Banjarharjo termasuk yang sejahtera. 

"Untuk lebih meningkatkan kesejahteraan, perlu ada bantuan dari kalurahan dengan meningkatkan pengelolaan Tanah Kalurahan," katanya saat menghadiri acara Gebyar UMKM Gerakan Bangga Produk Banjarharjo, Selasa (3/9).

Lebih lanjut, Sultan mengatakan pihaknya tengah berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang sebelumnya dari kabupaten lalu akan digeser ke kecamatan.

Ia mengatakan banyak ruang yang telah disediakan bagi kelurahan menggalakkan program untuk membangun daerah masing-masing.

“Tolong diopeni warga masyarakat yang miskin dan menganggur. Yang lain sejahtera, terus yang miskin ditinggal. Jangan. Daripada TKD menganggur, sudah, kumpulkan orang miskin yang ada di tiap kelurahan. Gunakan Tanah Kalurahan, entah tiga atau lima tahun," ujarnya. 

Dia pun berharap masyarakat di kalurahan mampu meningkatkan kemandiriannya. 

Selain itu, Sultan mengatakan bahwa pola pikir pemimpinnya juga harus diubah dalam melayani masyarakat. (mcr25/jpnn)

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyebut ada banyak cara yang bisa digunakan kelurahan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Sukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia