3 Hektare Lahan di Kulon Progo Ludes Terbakar

Kamis, 05 September 2024 – 17:35 WIB
3 Hektare Lahan di Kulon Progo Ludes Terbakar - JPNN.com Jogja
Petugas kebakaran dari BPBD Kulon Progo dan Polsek Sentolo memadamkan api di lahan jati di Kalurahan Tuksono, pada Rabu (4/9) malam. (ANTARA/HO-Humas Polres Kulon Progo)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Tiga hektare lahan di Padukuhan Wonobroto dan Kaliwiru, Kalurahan Sentolo, Kabupate Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, ludes dilahap si jago merah pada Rabu malam (4/9).

Musibah itu terjadi di lahan pekarangan pohon jati milik warga di perbatasan Padukuhan Kaliwiru dan Padukuhan Wonobroto.

Kapolsek Sentolo AKP Julianta Kusnadi mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 18.00 WIB.

Menurut Julianta, kebakaran itu kemungkinan disebabkan oleh puntung rokok milik warga yang dibuang sembarangan.

"Kami mengimbau untuk tidak membakar sampah di lahan terbuka atau membuang puntung rokok sembarangan," kata Julianta Kusnadi.

Kebakaran itu cepat meluas karena kondisi lahan yang kering dan angin yang kencang.

"Kerugian lahan pohon jati seluas tiga hektare yang terbagi tanah milik sepuluh warga itu masih dikalkulasikan," katanya.

Julianta mengatakan berdasarkan keterangan saksi bahwa warga melihat adanya api merah membara dari arah lahan sebelah selatan Padukuhan Kaliwiru diduga milik Paingun, sudah terbakar dan merembet ke utara.

Lahan pohon jati di Kulon Progo ludes terbakar pada Rabu malam. Penyebabnya diduga karena ada puntung rokok yang dibuang sembarangan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News