Lestarikan Budaya Jawa, Universitas Widya Mataram Gelar Festival Langensekar

Senin, 23 September 2024 – 11:00 WIB
Lestarikan Budaya Jawa, Universitas Widya Mataram Gelar Festival Langensekar - JPNN.com Jogja
Pergelaran Festival Langensekar di kampus Universitas Widya Mataram. Foto: Humas UWM

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Universitas Widya Mataram (UWM) menggelar Festival Langensekar.

Kegiatan ini merupakan kerja sama UWM dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. 

Festival Langensekar di UWM diharapkan menjadi upaya bersama dalam menjaga kelestarian budaya Jawa, khususnya bagi generasi muda.

Rektor UWM Edy Suandi Hamid mengatakan Langensekar salah satu cara untuk menjaga, melestarikan dan mengimplementasikan nilai-nilai budaya di era modern.

"Kerja sama ini merupakan bukti nyata bahwa UWM, sebagai kampus berbasis budaya, sangat peduli terhadap kegiatan pelestarian budaya," katanya, Sabtu (22/9).

Sebanyak 14 kemantren turut ambil bagian dalam festival yang menyajikan opera tradisional Jawa berupa mocopat khususkan untuk siswa setingkat SMP tersebut. 

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Yetti Martanti menilai pentingnya kerja sama antarinstitusi. 

"Kegiatan ini adalah salah satu upaya dalam pelestarian budaya yang menjadi pilar ketahanan dan kedaulatan budaya, sekaligus membentuk karakter anak-anak dengan melestarikan cerita Panji di kalangan generasi muda," katanya. (mcr25/jpnn)

Begini cara Universitas Widya Mataram melestarikan budaya Jawa, dengan menggelar Festival Langensekar.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Sukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News