Penyakit yang Patut Diwaspadai Warga Jogja saat Pancaroba

Rabu, 23 Oktober 2024 – 13:35 WIB
Penyakit yang Patut Diwaspadai Warga Jogja saat Pancaroba - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Dua penyakit yang wajib diwaspadai saat pancaroba. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini sedang masuk masa peralihan musim kemarau ke musim penghujan atau pancaroba.

Saat pancaroba, ada beberapa jenis penyakit yang biasa menyerang masyarakat sehingga harus diwaspadai.

Dua penyakit yang patut diwaspadai saat pancaroba itu adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan radang tenggorokan (faringitis).

Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular (P2M) dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Endang Sri Rahayu meminta masyarakat untuk mewaspadai dua jenis penyakit tersebut karena penularannya tinggi saat pancaroba.

Menurut Endang, perubahan suhu secara tiba-tiba, angin kencang, serta tingkat kelembapan yang tinggi membuat virus dan bakteri lebih mudah berkembang biak.

Akibatnya, kata dia, risiko tertular infeksi saluran pernapasan seperti flu, batuk, pilek, hingga radang tenggorokan atau faringitis meningkat.

Gaya hidup masyarakat yang banyak mengonsumsi makanan berminyak dan kurang minum air putih juga meningkatkan risiko tertular penyakit ISPA dan faringitis.

"Selain itu, penyakit faringitis dapat melalui asap rokok atau polusi udara lainnya dan minuman es atau air dingin yang juga dapat menjadi salah satu pencetus penyakit faringitis," ujar dia.

Saat pancaroba, ada dua jenis penyakit yang patut diwaspadai oleh warga Jogja karena penularannya sangat cepat.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News