Dokter RSA UGM Bicara Soal Penyakit Pneumonia Misterius

Sabtu, 02 Desember 2023 – 08:58 WIB
Dokter RSA UGM Bicara Soal Penyakit Pneumonia Misterius - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Penyakit Pneumonia. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Di China saat ini sedang heboh dengan munculnya penyakit paru-paru pneumonia misteris yang banyak menyerang anak-anak.

Pemerintah Indonesia pun saat ini sedang mewaspadai kemungkinan pneumonia misterius itu masuk ke Indonesia.

Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Akademik (RSA) Universitas Gadjah Mada (UGM) dr Astari Pranindya Sari mengatakan hingga saat ini belum ada kesimpulan pasti penyebab radang paru-paru atau pneumonia yang menjangkiti anak-anak di China.

Penyebab peningkatan kasus itu, menurut dia, disinyalir dari virus influenza, Rhino Syncytial Virus (RSV), Mycoplasama pneumoniae, atau hal baru lain yang belum diketahui.

"Penyebabnya belum bisa disimpulkan dan masih dilakukan penelusuran," katanya.

Astari menuturkan gejala yang umumnya muncul pada penderita pneumonia adalah batuk berdahak, demam, menggigil, serta mengalami sesak nafas.

Manakala timbul gejala dengan kondisi yang tidak membaik meski telah diberi obat penurun demam, istirahat, dan perbaikan nutrisi.

Dokter Stari meminta masyarakat segera mengunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

Dokter RSA UGM dr. Astari Pranindya Sari meminta masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan penyebaran penyakit pneumonia misterus yang merebak di China.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia