Akal Bulus Penimbun BBM Bersubsidi, Aksinya Terhenti di SPBU Mlati

Selasa, 19 April 2022 – 22:03 WIB
Akal Bulus Penimbun BBM Bersubsidi, Aksinya Terhenti di SPBU Mlati - JPNN.com Jogja
Akal bulus penimbun BBM bersubsidi. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pelaku penimbun dan penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi berinisial TY (44) akhirnya diringkus oleh polisi. 

Tindakan TY yang membeli BBM bersubsidi kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal, sudah lama meresahkan masyarakat dan menjadi incaran aparat kepolisian. 

Dirreskrimsus Polda DIY Kombes Pol Roberto Gomgom Manorang Pasaribu mengatakan selama beraksi pelaku telah memodifikasi bagian tangki mobil sehingga bisa menampung BBM bersubsidi lebih banyak. 

"Modus yang dilakukan ini sebenarnya sangat sering terjadi di mana pelaku kejahatannya memodifikasi kendaraan," ucap Roberto.

Ia menjelaskan pelaku memodifikasi tangki mobil sehingga ukurannya menjadi lebih besar agar mampu menampung BBM dengan volume lebih banyak.

Tangki juga dimodifikasi dengan menanam pompa aquarium dan diberikan daya dari mobil kemudian disedot ke dalam jeriken-jeriken yang telah disiapkan di dalamnya.

Setelah diperoleh secara ilegal, kata Roberto, BBM bersubsidi itu ditampung di gudang milik tersangka untuk dijual ke sejumlah pelaku industri.

Aksi TY terungkap saat melakukan pengisian BBM jenis bio solar di SPBU di Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman pada Minggu (17/4) pukul 05.30 WIB.

Para pelaku penimbun dan penyalahgunaan BBM bersubsidi menjalankan aksinya dengan cara licik. Perbuatan mereka akhirnya terhenti.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News