Anggota Dewan Tuntut Penegakan Hukum Kasus Klitih Nol KM Jogja

Jumat, 10 Februari 2023 – 10:40 WIB
Anggota Dewan Tuntut Penegakan Hukum Kasus Klitih Nol KM Jogja - JPNN.com Jogja
Aksi kekerasan dengan senjata tajam di Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Foto: tangkapan layar video Twitter @RezkyRamadhanz

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Aksi kejahatan jalanan atau klitih yang terjadi di Titik Nol KM Jogja pada Selasa pagi (7/2) disorot oleh Ketua Komisi A DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Eko Suwanto.

Pasalnya, aksi kejahatan jalanan menggunakan senjata tajam itu terjadi di pusat kota dan pariwisata Jogja.

"Apalagi lokasi kejadian berjarak dekat dengan Istana Negara, Keraton, dan Kantor Gubernur DIY. Selain itu, Titik Nol juga simbol wisata Yogyakarta," kata Eko.

Oleh karena itu, dia meminta aparat kepolisian untuk serius mengusut kasus tersebut agar ada efek jera.

"Harus ada efek jera dan proses hukum kepada siapa saja yang melakukan aksi kekerasan di jalanan. Tak boleh lagi ada aksi kekerasan di jalanan terjadi di Yogyakarta," ucapnya.

Eko memastikan bahwa anggota dewan mendukung penuh sikap polisi yang ingin memberantas aksi klitih di Jogja.

Ia meminta para orang tua dan lembaga pendidikan di Jogja agar mengedukasi remaja untuk mampu menyelesaikan masalah dengan cara yang bermartabat.

"Mari wujudkan rasa aman. Para remaja perlu dididik dan dirangkul agar bisa menyelesaian masalah dengan cara yang bermartabat. Ini tugas dan pekerjaan rumah stakeholder, orang tua, dan lembaga pendidikan formal di sekolah untuk bisa menjalankan langkah pencegahan aksi kekerasan di jalanan," kata dia.

Ketua Komisi A DPRD DIY meminta pihak kepolisian untuk serius mengungkap kasus klitih di titik nol KM Jogja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News