Membersihkan Sampah di Tribun, Cara Fan PSIM Jogja Mencintai Klub dan Lingkungan

Senin, 21 Oktober 2024 – 20:00 WIB
Membersihkan Sampah di Tribun, Cara Fan PSIM Jogja Mencintai Klub dan Lingkungan - JPNN.com Jogja
Aksi bersih-bersih sampah yang dilakukan suporter PSIM Jogja seusai pertandingan di Stadion Mandala Krida. Foto: dokumentasi Bawah Skor

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Ribuan suporter PSIM Jogja memadati Stadion Mandala Krida dalam pertandingan perdana Pegadaian Liga 2 menghadapi Adhyaksa Football Club pada 15 September lalu.

Catatan operator kompetisi, total ada 9.408 ribu penonton memberikan dukungan kepada klub berjuluk Laskar Mataram tersebut. 

Antusiasme suporter PSIM bahkan konsisten selama laga kandang berikutnya. Menghadapi Persijap Jepara, jumlah penonton mencapai 8.267 ribu penonton. 

Kemudian, di laga menghadapi Persikas Subang sorak-sorai penonton tetap bergema kencang. Total kehadiran penonton mencapai 7.013 ribu orang.

Di antara ribuan penonton, terselip beberapa suporter yang memiliki inisiatif tinggi dalam menjaga kebersihan area tribun. Mereka memungut satu per satu sampah yang ada di tribun Stadion Mandala Krida yang diinisiasi Komunitas Bawah Skor. 

Founder Bawah Skor Diaz Maulana mengatakan aksi ini berangkat dari keresahan menyoal permasalahan sampah.

"Masalah sampah ini persoalan dasarnya adalah membuang sampah pada tempatnya. Bawah Skor memulai dengan cara kami memberitahu dengan membuang sampah (pada tempatnya) dahulu. Goals-nya nanti ada reduce, reuse, recycle, siklusnya yang pertama itu buang sampah dengan banar," kata Dimaz, Sabtu (19/10).

Menurut Dimaz, upaya menjaga lingkungan stadion ini dimulai dari tribun penonton. 

Fans PSIM Jogja memulai gerakan bersih-bersih sampah di tribun stadion untuk menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News