Hasil Pemilihan Lurah Bantul: Tak Ada Putaran Kedua, Kades Bangunharjo Sudah Terpilih

Senin, 26 September 2022 – 15:30 WIB
Hasil Pemilihan Lurah Bantul: Tak Ada Putaran Kedua, Kades Bangunharjo Sudah Terpilih - JPNN.com Jogja
Lurah Bangunharjo periode berikutnya sudah terpilih. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTUL - Sebanyak 21 dari 75 kelurahan di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menggelar pemilihan lurah serentak pada Minggu (25/9).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPMK) Kelurahan Bantul Sri Nuryanti memastikan tidak ada putaran kedua pada pemilihan lurah kali ini.

Menurut dia, tidak ada kelurahan yang memiliki perolehan suara yang sama antarcalon lurah. Hasil hitung cepat 21 kelurahan menunjukkan salah satu calon memperoleh suara terbanyak.

“Alhamdulillah, tidak ada,” kata Sri.

Misalnya di Kelurahan Bangunharjo, Kecamatan Sewon pemenangnya adalah Nur Hidayat karena memperoleh suara terbanyak, yaitu mencapai 4.748 suara. Nur mengungguli tiga calon lainnya.

Berdasarkan Peraturan Bupati Bantul Nomor 34 Tahun 2022 tentang Waktu Tahapan Pemilihan Lurah Serentak, Badan Musyawarah Kelurahan akan menetapkan hasil pemilihan lurah pada hari ini, Senin (26/9).

Tahapan selanjutnya ialah penyampaian calon lurah terpilih pada Selasa (27/9), masa sanggah hasil pemilihan lurah pada Rabu (28/9) hingga Jumat (30/9), kemudian penetapan keputusan bupati pada 1-27 Oktober dan pelantikan lurah serentak pada 5 November.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meminta masyarakat menjaga kekondusifan setelah menggelar pesta demokrasi di tingkat desa.

Berdasarkan hitung cepat pemilihan lurah di Bantul, tidak ada putaran kedua. Lurah Bangunharjo telah terpilih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News