Sebanyak Ini Petugas yang akan Mengamankan Pemilu di Bantul

Senin, 16 Oktober 2023 – 18:09 WIB
Sebanyak Ini Petugas yang akan Mengamankan Pemilu di Bantul - JPNN.com Jogja
Simulasi pengamanan pemilu di Bantul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Ribuan petugas keamanan akan diterjunkan untuk menjaga kekondusifan Pemilu 2024 di Kabupaten Bantul, DIY, baik saat proses kampanye maupun saat pemungutan dan penghitungan suara.

Kapolres Bantul Ajun Komisaris Besar Polisi Michael R. Risakotta mengatakan dari anggota kepolisian, petugas yang akan disiapkan sebanyak 1.096 personel.

"Kami ada sekitar 600 personel ditambah dengan BKO (Bantuan Kendali Operasi). Jadi, totalnya ada sebanyak 1.096 personel," kata Kapolres di sela simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota), Senin (16/10).

Selain dari anggota Polres Bantul, pengamanan Pemilu 2024 di Bantul juga melibatkan 7.100 personel dari Perlindungan Masyarakat Pemkab Bantul.

"Jadi, yang terlibat adalah gabungan, termasuk dari unsur TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, dan sekitar 7.000 personel dari Linmas untuk membantu pengamanan dari kantor KPU, PPK, PPS sampai dengan TPS," katanya.

Mengenai kegiatan simulasi sispamkota, Kapolres menjelaskan simulasi ini untuk menggambarkan pola pengamanan Polri di tempat-tempat objek vital yang menjadi titik kumpul atau tujuan massa ketika terjadi kekacauan dalam pemilu.

"Ini sistem pengamanan terutama saat terjadi situasi chaos. Kami gambarkan di sini kepada masyarakat pola pengamanan Polri di tempat-tempat objek vital yang nanti akan menjadi titik massa saat terjadi ketidakpuasan dalam rangka pesta demokrasi," katanya.

Titik-titik vital yang dimaksud mulai dari kantor KPU karena ada penolakan terhadap hasil penghitungan suara pemilu, kemudian kantor pemerintahan, bahkan tempat perbelanjaan atau tempat kegiatan masyarakat.

Polres Bantul telah menghitung jumlah total petugas yang akan mengamankan jalannya tahapan pemilu sejak masa kampanye, pencoblosan hingga penghitungan suara.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia