Anies Baswedan Dialog dengan Sri Sultan HB X, Ada Pesan untuk Pemimpin Masa Depan

Rabu, 24 Januari 2024 – 19:01 WIB
Anies Baswedan Dialog dengan Sri Sultan HB X, Ada Pesan untuk Pemimpin Masa Depan - JPNN.com Jogja
Anies Baswedan melakukan pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di kantornya pada Rabu (24/1). Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyambangi kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk bertemu Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Rabu (24/1).

Anies mengatakan ia datang menemui Sri Sultan HB X untuk memohon doa restu dan bimbingan dari orang nomor satu di Jogja tersebut. 

“Tadi mengobrolnya agak panjang, untuk mendengar banyak hal dari Sri Sultan dan kami sendiri merasakan betul jika Jogja ini sebagai sebuah melting pot dalam menjaga kebhinekaan, kira-kira seperti gado-gadonya Indonesia,” kata Anies.

Dalam pertemuan kurang lebih dua jam tersebut ia mengaku tidak ada pembicaraan khusus dengan Raja Keraton Yogyakarta tersebut. 

Sri Sultan HB X sendiri mengatakan pertemuannya dengan Anies hanya sekadar dialog.

“Ya saya hanya dialog, saya enggak punya pesan-pesan karena saya juga enggak perlu apa-apa. Jadi, saya sekadar mengingatkan, tetapi sambil kami berdialog, apa yang mestinya harus dijaga. Ya seperti tadi, (kami) bahas kebhinnekaan, menyangkut dominasi, bagaimana ya pemimpin itu (seharusnya),” ujarnya. 

Sultan hanya berharap kepada pemimpin masa depan untuk bisa mengibarkan banyak "bendera".

“Karena sekecil apa pun bendera itu diangkat, tetap itu juga pemilihnya, bagian dari anak Republik Indonesia sendiri, jangan dipinggirkan, harus didengar juga sekecil apa pun bendera itu karena yang milih juga rakyat Indonesia. Jangan maunya yang berkibar benderanya sendiri. Ini pendapat saya,” kata dia. (mcr25/jpnn)

Anies Baswedan menjadi capres terakhir yang bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, bahas apa?

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News