Sejumlah TPS di Bantul Kekurangan Surat Suara

Kamis, 15 Februari 2024 – 08:30 WIB
Sejumlah TPS di Bantul Kekurangan Surat Suara - JPNN.com Jogja
Tempat pemungutan suara Pemilu 2024. Foto: Ricardo/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Beberapa tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Bantul, DIY kekurangan surat suara saat Pemilu 2024, Rabu (14/2).

Ketua KPU Kabupaten Bantul Joko Santosa mengatakan TPS yang mengalami kekurangan surat suara tersebut jumlahnya tidak banyak dan tersebar di tiga kecamatan, yaitu Banguntapan, Kasihan, dan Pandak.

"Secara umum pelaksanaan pemilu mulai dari persiapan logistik sampai pemungutan suara tadi pagi semuanya berjalan lancar walaupun ada beberapa TPS yang harus kekurangan surat suara," kata dia.

Menurut Joko, kekurangan surat suara, terutama untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI di beberapa TPS itu karena adanya kesalahan dalam melakukan packing (pengepakan) logistik pemilu ketika hendak didistribusikan ke TPS tersebut.

"Jika ada yang kurang, pasti di TPS lain di sekitar ada yang lebih. Berdasarkan arahan Ketua KPU RI, kami melakukan pemenuhan dengan menggeser kelebihan surat suara itu bagi TPS yang mengalami kekurangan," katanya.

Setiap TPS, lanjut dia, rata-rata kekurangan 10 surat suara, sementara TPS di sebelah juga kelebihan 10 surat suara.

"Sampai dengan selesai pemungutan suara tadi, tidak ada laporan pemilih yang tidak bisa dilayani. Jadi, secara umum semuanya tercukupi. Pada pukul 13.30 WIB sudah dimulai penghitungan suara dengan diawali surat suara pemilu presiden/wakil presiden," katanya.

Selain surat suara pilpres, kata dia, TPS juga ada yang mengalami kekurangan surat suara untuk Pemilu Anggota DPR RI. Meski demikian, tetap dapat terpenuhi dari TPS terdekat yang kelebihan surat suara itu sebelum pemungutan suara selesai.

Saat pemungutan suara Pemilu 2024 di Bantul, beberapa TPS mengalami kekurangan surat suara. Namun, tidak ada yang gagal menggunakan hak pilihnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News