Target Rp 27 Miliar PAD Pariwisata Gunungkidul Bisa Tercapai, Asalkan...

Selasa, 18 Januari 2022 – 13:03 WIB
Target Rp 27 Miliar PAD Pariwisata Gunungkidul Bisa Tercapai, Asalkan... - JPNN.com Jogja
Target PAD Pariwisata Gunungkidul tahun ini sebesar Rp 27 miliar. (Foto: Antara)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi pariwisata sebesar Rp 27 miliar pada 2022.

Bupati GunungKidul Sunaryanta optimistis target tersebut akan tercapai asalkan tidak ada lagi pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan wisatawan yang berkunjung semakin banyak.

"Sejak dibukanya objek wisata secara terbatas, jumlah kunjungan wisatawan di Gunungkidul kembali merangkak naik, khususnya pada Libur Natal dan Tahun Baru 2022. Melihat animo wisatawan sangat tinggi, kami optimistis akan mencapai target PAD sebesar Rp 27 miliar," kata Sunaryanta di Gunungkidul, Senin (17/1).

Pemkab Gunungkidul ingin agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dalam beraktivitas sehingga kasus Covid-19 di daerah tersebut tidak melonjak tinggi.

Sunaryanta tidak ingin ada klaster baru Covid-19 di tempat wisata.

"Kami tetap mengedepankan protokol kesehatan. Kami juga tidak memungkiri bahwa pariwisata adalah nadi ekonomi masyarakat di Gunungkidul. Semoga tidak ada perkembangan Covid-19 lagi supaya ekonomi masyarakat segera pulih," harapnya.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul Sunyoto mengaku pesimistis dengan target tersebut. Menurutnya, target tersebut terlalu berat dengan kondisi pandemi Covid-19.

Ia menilai sektor ekonomi termasuk wisata masih terdampak pandemi Covid-19. 

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul optimistis PAD Pariwisata sebesar Rp 27 miliar bisa tercapai tahun ini, asalkan...

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News