Yang Baru Lulus Kuliah dan Butuh Pengalaman Kerja, Yuk, Ikut Program Pemagangan Disnakertrans DIY

Senin, 28 Februari 2022 – 18:03 WIB
Yang Baru Lulus Kuliah dan Butuh Pengalaman Kerja, Yuk, Ikut Program Pemagangan Disnakertrans DIY - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Program pemagangan bagi pekerja. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Persaingan di dunia kerja semakin ketat karena banyak perusahaan yang mempertimbangkan pengalaman bekerja di samping kemampuan akademik di jenjang pendidikan.

Masalahnya, tidak semua mahasiswa memiliki pengalaman bekerja atau memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan.

Oleh karena itu, mahasiswa yang baru saja lulus kuliah terkadang memilih untuk bekerja apa saja demi menambah pengalaman.

Tahukah Anda, sebetulnya pemerintah telah membuat regulasi yang bisa membantu fresh graduation agar bisa mendapat pengalaman bekerja.

Aturan tersebut tercantum dalam Permenaker Nomor 6 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.

Nah, untuk fresh graduation yang berkuliah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tidak perlu khawatir karena Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY ternyata sudah menyediakan program pemagangan.

Disnakertrans telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan ternama untuk membantu memberikan pengalaman bekerja bagi mahasiswa yang baru lulus.

Peserta pemagangan diharapkan memiliki pengalaman kerja, meningkatkan keahlian, pengetahuan, dan sikap yang disyaratkan oleh perusahaan.

Jika Anda seorang mahasiswa yang baru lulus kuliah atau butuh pengalaman kerja, bisa ikut program pemagangan dari Disnakertrans DIY. Begini caranya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News