Mengenal Upacara Labuhan Alit di Pantai Parangkusumo, Peringatan Bertahtanya Sri Sultan HB X

Sabtu, 05 Maret 2022 – 14:29 WIB
Mengenal Upacara Labuhan Alit di Pantai Parangkusumo, Peringatan Bertahtanya Sri Sultan HB X - JPNN.com Jogja
Prosesi Labuhan Alit oleh Kraton Yogyakarta di Pantai Parangkusumo pada Jumat (4/3). Foto: Humas Pemkab Bantul

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Keraton Yogyakarta menggelar Upacara Labuhan Alit di Pantai Parangkusumo, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul pada Jumat (4/3).

Labuhan ini rutin digelar Keraton Yogyakarta setiap 30 Rajab dalam rangka memperingati Jumenengan Tingalan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Selain itu juga bertujuan untuk membuang keburukan.

Prosesi Labuhan Alit sendiri dimulai dengan penyerahan uparame oleh Pihak Keraton Yogyakarta dipimpin oleh KRT Wijaya Pamungkas kepada Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.

Kemudian, langsung dibawa ke Cepuri Parangkusumo untuk didoakan sebelum dilabuh di bibir pantai.

Dalam sambutannya, Bupati Abdul Halim mengutarakan pentingnya tradisi Labuhan Alit ini.

“Tradisi ini sekaligus membangkitkan kita akan pentingnya membangun Yogyakarta menjadi lebih baik lagi serta mendoakan Ngarsa Dalem,” ujar dia.

Adapun barang-barang yang dilabuh di pantai selatan tersebut di antaranya adalah pakaian dan benda milik Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Keraton Yogyakarta melangsungkan upacara Labuhan Alit di Pantai Parangkusumo pada Jumat (4/3). Ini upacara penting bagi Sri Sultan HB X.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News