Bersih-Bersih Sungai di Sleman, Usaha untuk Merawat Nadi Bumi

Minggu, 13 Maret 2022 – 18:26 WIB
Bersih-Bersih Sungai di Sleman, Usaha untuk Merawat Nadi Bumi - JPNN.com Jogja
Aksi bersih-bersih sungai. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, SLEMAN - Forum Komunitas Sungai Sleman (FKSS) bersama ratusan masyarakat di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar kegiatan bersih-bersih sungai pada Minggu (13/3).

Ketua FKSS AG Irawan mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan serentak di sepuluh titik dengan melibatkan belasan komunitas sungai yang ada di Sleman.

Aksi bersih sungai tersebut dimulai dari hulu Sungai Pelang yang berakhir ke Sungai Gajahwong dan Sungai Kuning.

Di alur Sungai Pelang hingga Gajahwong melibatkan enam komunitas sungai di masing-masing titik, mulai dari Komunitas Pelang Pandansaren, Pakembinangun, lalu menuju Pelang Turen Sardonoharjo.

"Lanjut ke Sungai Pelang Dayu, Sinduharjo, Pelang Joho, Condongcatur, Pelang Santren, Pelemkecut, Caturtunggal dan berakhir di Sungai Gajahwong Ambarukmo," kata Irawan.

Untuk Sungai Kuning dilaksanakan empat komunitas sungai, mulai dari hulu di Grogolan Umbulmartani, Ngemplak, Sungai Kuning Sempu, Wedomartani, Sungai Kuning Sendangtirto dan berakhir di Sungai Kuning Dawukan.

Ada pula satu komunitas di Sungai Bedog Jogokerten, Trimulyo, Sleman.

"Jika tiap komunitas mampu mengerahkan 50 warga setempat, ada sekitar 500 orang turun ke sungai untuk membersihkan sampah sungai di Sleman," katanya.

Ratusan masyarakat dan belasan komunitas menggelar aksi bersih-bersih sungai di Kabupaten Sleman. Usaha tersebut untuk menjaga nadi bumi agar tetap bersih.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News