Pakai Piring Terbang, Cara Unik Berbagi Takjil di Masjid Jogokariyan

Senin, 04 April 2022 – 18:45 WIB
 Pakai Piring Terbang, Cara Unik Berbagi Takjil di Masjid Jogokariyan - JPNN.com Jogja
Panitia buka bersama di Masjid Jogokariyan menyiapkan hidangan sebelum dibagikan ke pengunjung untuk berbuka puasa bersama. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.con

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sejumlah masyarakat Kota Yogyakarta dan sekitarnya melaksanakan buka puasa bersama atau takjilan di Masjid Jogokariyan pada Senin (4/4).

Masjid Jogokariyan sendiri rutin menggelar takjilan gratis selama bulan suci Ramadan

Berbeda dengan lokasi berbagi takjil gratis lainnya di Yogyakarta yang kebanyakan menggunakan kotak makanan, di Masjid Jogokariyan ini makanan disajikan menggukan piring atau dikenal dengan istilah piring terbang.

Tradisi piring terbang di Masjid Jogokariyan ini memang sudah dijalankan penyelenggara beberapa tahun sebelum pandemi Covid-19.

Ketua Panitia Kampoeng Ramadan Jogokariyan, Deliawan mengatakan bahwa untuk buka puasa bersama tahun ini memang sudah menggunakan piring terbang.

Pada Ramadan sebelumnya, takjil masih menggunakan kotak makanan.

"Insyaallah kami menyiapkan 2.500 sampai 3.000 porsi per hari," kata Deliawan kepada JPNN Jogja.

Ribuan piring tersebut dibagikan kepada pengunjung dengan cara rantai dari tangan ke tangan sampai ke barisan paling ujung.

Ada cara unik yang dilakukan pengelola Masjid Jogokariyan dalam membagikan takjil gratis, yaitu dengan menggunakan piring terbang.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News