Kisah Takjil Gulai Kambing di Masjid Gedhe Kauman

Senin, 01 April 2024 – 07:03 WIB
Kisah Takjil Gulai Kambing di Masjid Gedhe Kauman - JPNN.com Jogja
Menu takjil di Masjid Gedhe Kauman. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Masjid Gedhe Kauman yang terletak di pusat Kota Yogyakarta adalah salah satu tempat yang menyediakan menu buka puasa (takjil) gratis.

Warga Jogja tahu setiap harinya masjid Gedhe Kauman menyediakan menu takjil yang mengguah selera. Ada brongkos, sayur lodeh, semur ayam, tumis tauge, opor ayam, dan menu-menu lainnya.

Pengurus Masjid Gedhe Kauman, Andi (56) mengatakan bahwa takjil yang mereka sediakan biasanya selalu habis menjelang magrib.

"Jika tidak tidak hujan, sebelum magrib sudah habis. Kadang malah kurang," ucapnya saat ditemui pada Kamis sore (28/3).

Masjid milik Keraton Yogyakarta yang dibangun pada 1773 itu tetap dipadati oleh ratusan orang meski hujan mengguyur Kota Jogja.

Hingga pukul 17.30 WIB sejumlah orang masih tampak berdatangan menuju masjid Gedhe Kauman dengan lebih duhulu menghampiri tempat nasi bungkus yang dijaga Andi, lalu bergabung mendengarkan ceramah.

Setiap Kamis ada menu spesial yang paling ditunggu oleh pemburu takjil di Masjid Gedhe Kauman, yaitu gulai kambing. Takjil gulai kambing di Masjid Gedhe dikenal memiliki cita rasa yang khas dan gurih.

Setiap porsinya berisikan lengkap dengan kuah gulai berwarna kuning kunyit cenderung bening berpadu daging dan jeroan kambing, lalapan, dan nasi putih beralas daun pisang. Meski telah dibungkus kertas minyak, menu spesial itu masih disajikan di atas piring.

Masjid Gedhe Kauman menyediakan menu takjil gulai kambing setiap Kamis. Menu itu sudah ada sejak 1960 an. Begini kisahnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia