Sri Sultan HB X Ungkap Penyebab Sulitnya Memberantas Klitih

Selasa, 05 April 2022 – 12:35 WIB
Sri Sultan HB X Ungkap Penyebab Sulitnya Memberantas Klitih - JPNN.com Jogja
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sebuah peristiwa kejahatan jalanan atau klitih terjadi di Yogyakarta pada Minggu (3/4) dini hari sehingga menewaskan salah seorang remaja. 

Peristiwa tersebut mendapat perhatian dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Menurut Sultan, selama ini pemerintah daerah dan pihak kepolisian sudah berusaha maksimal untuk mencegah aksi klitih agar tidak terus terjadi di Yogyakarta.

Namun, aksi klitih masih sangat meresahkan masyarakat. 

Bagi Sultan, pemberantasan aksi klitih tidak bisa terwujud tanpa peran masyarakat dan orang tua. 

Selama ini, Ngarsa Dalem selalu berharap agar para orang tua punya perhatian lebih pada aktivitas anaknya, terutama saat malam hari. 

"Memang kami tidak bisa jika masyarakatnya sendiri, orang tuanya sendiri tidak bisa mengendalikan anaknya. Kami bisanya hanya punya harapan," kata Sultan HB X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (4/4).

Menurut Sultan, pemerintah daerah tidak mungkin menerapkan aturan yang memaksa untuk mengatasi klitih yang rata-rata dilakukan oleh remaja.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengungkapkan faktor utama yang membuat aksi klitih sulit diberantas di Yogyakarta.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News