Banyak Klitih, Benarkah Jogja Berhenti Nyaman sebagai Kota Pelajar?

Rabu, 20 April 2022 – 11:51 WIB
Banyak Klitih, Benarkah Jogja Berhenti Nyaman sebagai Kota Pelajar? - JPNN.com Jogja
Diskusi publik bertema Yogyakarta Kota Pelajar: Merumuskan Solusi Kejahatan Jalanan Remaja. Foto: Humas UWM

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kejahatan jalanan yang terjadi di Yogyakarta oleh oknum pelajar tidak merepresentasikan keadaan Yogyakarta yang sebenarnya.

Yogyakarta sebagai Kota Pelajar dikenal sebagai tujuan untuk menimba ilmu putra-putri bangsa dari berbagai daerah.

Dosen Sosiologi Universitas Widya Mataram (UWM) Puji Qomariyah menyakini Yogyakarta tetap bisa menjadi kota paling layak untuk belajar.

Wakil Rektor III UWM tersebut mengatakan cara meyakinkan Yogyakarta layak untuk belajar adalah dengan membuka lebih banyak lagi ruang publik gratis yang menjadi sarana warga dan remaja untuk berekspresi secara proporsional.

Ditambah lagi Yogyakarta sebagai kota budaya, maka pembukaan ruang publik itu disertai memperbanyak ruang lindung budaya dengan membuka panggung kreativitas dan ekspresi seni budaya.

“Saya membaca Yogyakarta rindu panggung terbuka untuk publik seperti situasi sebelum masa pandemi. Jika ruang publik dan panggung budaya hidup dan menyebar di mana-mana, ini membantu tata ruang Yogyakarta bisa kembali nyaman, bukan berhenti nyaman seperti pandangan dan kritik warga belakangan ini,” ujar dia dalam diskusi publik bertema Yogyakarta Kota Pelajar: Merumuskan Solusi Kejahatan Jalanan Remaja pada Senin (18/4).

Di sisi lain, Kepala Sub Direktorat Babinkantibmas Polda DIY AKBP Sinungwati mengatakan satu kasus kekerasan remaja di jalanan tidak bisa disimpulkan bahwa Yogyakarta tidak nyaman lagi sebagai kota pelajar.

Menurutnya, angka kejahatan Yogyakarta lebih rendah dibandingkan kota-kota besar lain di Indonesia.

Yogyakarta menyandang julukan sebagai Kota Pelajar, tetapi belakangan sebutan itu tercoreng dengan maraknya kejahatan jalanan melibatkan remaja atau klitih.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia