Sukses Merelokasi PKL Malioboro, Satpol PP DIY Jadi Percontohan

Selasa, 26 April 2022 – 20:03 WIB
Sukses Merelokasi PKL Malioboro, Satpol PP DIY Jadi Percontohan - JPNN.com Jogja
Satpol PP DIY jadi yang terbaik se-Indonesia. (Foto: Antara)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendapat penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri sebagai percontohan dan laboratorium Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) seluruh Indonesia. 

Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri Bernhard E. Rondonuwu mengatakan DIY akan menjadi laboratorium 547 Satpol PP yang ada di seluruh kabupaten/kota.

Satpol PP di DIY dianggap yang terbaik di seluruh Indonesia sehingga layak mendapatkan Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satuan Polisi Pamong Praja Tahun 2022.

Penghargaan ini diberikan kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai kepala daerah yang berhasil membawa Satpol PP di wilayahnya berprestasi.

Salah satu yang paling disorot adalah keberhasilan Pemda DIY saat merelokasi ratusan pedagang kaki lima di kawasan Malioboro. 

"Kalau kita lihat di Malioboro, bagaimana kok bisa memindahkan pedagang-pedagang di situ oleh Pol PP tanpa riak. Itu adalah kerja luar biasa dan sebuah inovasi," kata Bernhard. 

Dia berharap Satpol PP di seluruh Indonesia belajar dari DIY karena berhasil memakai pendekatan kearifan lokal.

Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satuan Polisi Pamong Praja tahun 2022 untuk Gubernur DIY diterimakan oleh Wagub DIY KGPAA Paku Alam X di Ndalem Ageng, kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa.

Satpol PP DIY dianggap yang terbaik di seluruh Indonesia. Salah satunya karena berhasil merelokasi PKL Malioboro.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News