Selain Berkah, Lebaran Juga Membawa Sampah ke Yogyakarta

Minggu, 08 Mei 2022 – 21:35 WIB
Selain Berkah, Lebaran Juga Membawa Sampah ke Yogyakarta - JPNN.com Jogja
ILustrasi - Yogyakarta dipenuhi sampah. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Jutaan orang datang ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk merayakan Idulfitri 1443 Hijriah dan berlibur.

Hadirnya wisatawan tentu menjadi berkah bagi perekonomian masyarakat di Jogja yang dua tahun terakhir terdampak pandemi Covid-19.

Namun, selain berkah, wisatawan yang memadati Yogyakarta juga membuat volume sampah meningkat drastis.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta mencatat bahwa saat ini kondisi tempat pembuangan sampah atau depo sudah hampir penuh.

Penumpukan sampah di depo yang cukup banyak tersebut dipicu kenaikan volume sampah selama libur Lebaran 2022 yang mencapai 40-50 ton per hari terhitung sejak 28 April.

Sebelumnya, rata-rata sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan mencapai 270 ton per hari dan bisa meningkat menjadi 300 ton per hari apabila hujan karena sampah menjadi lebih berat.

“Proses pengambilan sampah yang semula hanya dilakukan dua atau tiga kali sehari, saat libur Lebaran bisa dilakukan lima kali sehari bahkan bisa lebih jika masih ada tumpukan sampah,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi.

Heroe mengatakan peningkatan sampah tersebut seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta.

Volume sampah di Kota Yogyakarta selama libur Lebaran 2022 meningkat drastis. Kondisi itu diperparah dengan tidak beroperasinya TPA Piyungan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia