TPA Piyungan Tutup Lagi, Sampah Menumpuk, Solusinya Lahan Transisi

Sabtu, 02 April 2022 – 07:02 WIB
TPA Piyungan Tutup Lagi, Sampah Menumpuk, Solusinya Lahan Transisi - JPNN.com Jogja
Tempat sampah di Kota Yogyakarta (Foto: Antara)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Tempat pembuangan akhir (TPA) Piyungan terpaksa kembali ditutup selama tiga hari sejak Jumat (1/4) hingga Minggu (3/4).

Ini adalah penutupan TPA Piyungan yang ketiga kalinya pada 2022 dan hanya berjarak sepuluh hari dari penuturan terakhir. 

TPA Piyungan untuk sementara tidak bisa menerima pasokan sampah dari masyarakat karena kondisinya yang sudah tidak memungkinkan. 

Ketinggian tumpukan sampah di TPA Piyungan saat ini sudah mencapai sekitar 140 meter sehingga berisiko longsor apabila tetap dilakukan pembuangan sampah.

Oleh karena itu, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) DIY selaku pelaksana revitalisasi TPA Piyungan meminta agar pemerintah daerah bisa menyediakan lahan untuk TPA transisi pada 27 Maret.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta berharap agar lahan untuk kebutuhan transisi tempat pembuangan akhir bisa segera direalisasikan sebagai alternatif lokasi pembuangan sampah saat TPA Piyungan kembali ditutup sementara waktu.

“Jika tidak ada lahan untuk pembuangan sampah sementara atau lahan transisi, yang akan terjadi seperti arus lalu lintas. Buka tutup TPA Piyungan,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Ahmad Haryoko, Jumat (1/4).

Dia mengatakan situasi di TPA Piyungan saat ini memang sudah tidak bisa menerima pasokan sampah. 

TPA Piyungan kembali tutup untuk ketiga kalinya pada 2022. Pengoperasian lahan transisi semakin diperlukan agar sampah tidak menumpuk di pinggir jalan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News