Sebegini Jumlah Retribusi Tempat Wisata di Bantul Selama Libur Lebaran, Banyak Banget

Senin, 09 Mei 2022 – 13:30 WIB
Sebegini Jumlah Retribusi Tempat Wisata di Bantul Selama Libur Lebaran, Banyak Banget - JPNN.com Jogja
Kawasan Parangtritis. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTUL - Kabupaten Bantul mendapatkan kunjungan wisata yang sangat banyak selama masa libur Lebaran 2022.

Berdasarkan catatan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul jumlah wisatawan selama periode 2 sampai 8 Mei mencapai 242.129 orang.

Jumlah tersebut jauh di atas target yang sebelumnya ditetapkan, yaitu 150.000 orang.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi, Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji mengungkapkan bahwa tingginya jumlah wisatawan membuat jumlah pemasukan di delapan Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) mencapai Rp 2,35 miliar.

"Target yang sebelumnya ditetapkan adahal Rp 1,4 miliar," ujar dia.

Beberapa objek wisata di Bantul yang menjadi tujuan favorit wisatawan selama libur Lebaran adalah Pantai Parangtritis, disusul Pantai Samas, Pantai Baru, dan Pantai Goa Cemara.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan lonjakan kunjungan wisatawan pada libur Lebaran tahun ini karena sudah dua tahun tidak diberi kelonggaran untuk mudik akibat pandemi Covid-19.

"Lonjakan mudik dan wisatawan pada momen Lebaran tahun ini kami asumsikan hampir mirip dengan Lebaran sebelum pandemi atau bisa jadi malah lebih. Kami berani menyampaikan target dari H+1 sampai H+7 kurang lebih bisa 150.000 wisatawan masuk di objek wisata," katanya.

Pemkab Bantul mendapatkan pemasukan yang sangat banyak dari tempat retribusi objek wisata selama libur Lebaran 2022. Sebegini besarannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News