Setelah Audiensi, TPA Piyungan Mulai Buka Lagi Hari Ini

Kamis, 12 Mei 2022 – 08:40 WIB
Setelah Audiensi, TPA Piyungan Mulai Buka Lagi Hari Ini - JPNN.com Jogja
Kondisi di TPA Piyungan yang ditutup oleh warga pada Rabu (11/5). Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Warga di Dusun Banyakan, Desa Sitimulyo, Piyungan, Kabupaten Bantul yang menutup akses menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan melakukan audiensi dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Kompleks Kepatihan, Rabu (11/5).

Hasil audiensi itu warga menyetujui untuk membuka kembali akses menuju TPA Piyungan sehingga sampah-sampah dari Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, dan Bantul bisa kembali diolah di sana.

Pembukaan kembali TPA Piyungan akan dilakukan hari ini, Kamis (12/5) dan belum ada keterangan sampai kapan tempat pengolahan sampah terpadu itu akan tetap dibuka.

Sebelumnya, pada Sabtu (7/5) lalu warga memblokade akses jalan menuju TPA Piyungan.

Warga menuntut agar TPA Piyungan ditutup secara permanen karena sampah di sana sudah sangat menggunung dan mengancam kesehatan warga sekitar.

Tutupnya TPA Piyungan membuat Kota Yogyakarta memberlakukan darurat sampah karena tempat penampungan sementara atau depo sudah tidak mampu lagi menampung sampah.

Begitu pula dengan Kabupaten Bantul yang menghasilnya 170 ton sampah setiap harinya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memahami keluhan warga tentang TPA Piyungan.

Hasil audiensi antara warga di sekitar TPA Piyungan dan Pemda DIY membuahkan hasil. TPA Piyungan akan kembali dibuka hari ini.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia