Warga Jogja Ini Ancam Gugat Presiden Jokowi ke Pengadilan, Masalah Serius

Sabtu, 14 Mei 2022 – 06:00 WIB
Warga Jogja Ini Ancam Gugat Presiden Jokowi ke Pengadilan, Masalah Serius - JPNN.com Jogja
Presiden Jokowi diancam akan digugat apabila tidak melaksanakan rekomendasi Ombudsman RI terkait polemik pertanahan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Warga Jetis, Kota Yogyakarta Zealous Siput Lokasari menyomasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Latar belakang somasi tersebut lantaran tanahnya di Kulon Progo tidak bisa ia miliki karena dianggap nonpribumi.

"Adanya somasi kepada presiden itu timbul karena peristiwa di DIY melalui dokumen pemerintah ini telah melakukan perbuatan rasisme, melanggar HAM dan anti Pancasila," ujar Siput pada Jumat (13/5).

Tanah yang ia beli di Triharjo pada 2016 itu telah dibatalkan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Kulon Progo dengan alasan dirinya nonpribumi.

Menurut Siput, alasan tersebut tidak berdasarkan undang-undang yang berlaku saat ini bahwa tidak ada lagi yang namanya pribumi dan nonpribumi.

"Atas kejadian ini sudah kami laporkan ke Komnas HAM dan telah dinyatakan melanggar hak asasi manusia," jelasnya.

Selain itu, Siput turut meminta keadilan ke Ombudsman Republik Indonesia dengan dikeluarkannya hasil surat rekomendasi yang mengharuskan Menteri ATR/BPN dan kantor pertanahan di DIY agar tidak menggunakan aturan rasisme tersebut.

"Oleh karenanya kami laporkan kepada presiden agar memerintahkan bahwannya melaksanakan rekomendasi Komnas HAM. Jangan berbuat rasis dan anti Pancasila," tegasnya.

Presiden Joko Widodo disomasi dan diancam akan digugat oleh warga Yogyakarta. Masalahnya begitu serius.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia