Forum Masyarakat Sipil Jogja Gelar Aksi pada Hari Pelantikan Presiden Prabowo

Minggu, 20 Oktober 2024 – 18:50 WIB
Forum Masyarakat Sipil Jogja Gelar Aksi pada Hari Pelantikan Presiden Prabowo - JPNN.com Jogja
Demontrasi masyarakat sipil di Nol KM Yogyakarta saat hari pelantikan Presiden Prabowo Subianto: Foto: Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Forum Cik Di Tiro, Jaringan Gugat Demokrasi (JAGAD), dan mahasiswa menggelar aksi mimbar demokrasi di selasar Gedung Agung, Nol KM Yogyakarta pada Minggu (20/10).

Aksi tersebut digelar untuk merespons lengsernya pemerintahan Jokowi dan dilantiknya presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Mimbar demokrasi itu dimulai sejak pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. 

Dalam forum masyarakat tersebut mereka menyoroti kinerja Jokowi selama sepuluh tahun menjabat sebagai presiden. 

Himawan Kurniadi dari Lingkar Keadilan RUANG mengatakan berakhirnya kekuasaan Jokowi bukan berarti situasi akan membaik.

"Kekuasaan Jokowi dilanjutkan oleh Prabowo-Gibran. Sejarah tidak boleh lupa Prabowo adalah terduga pelanggaran HAM. Hingga hari ini Prabowo belum diadili. Impunitas terhadap pelanggaran HAM disebabkan oleh kegagalan Jokowi memenuhi janji kampanye untuk mengusut dan menuntaskan kasus pelanggaran HAM," katanya. 

Forum Masyarakat Sipil Jogja Gelar Aksi pada Hari Pelantikan Presiden PrabowoDemontrasi masyarakat sipil di Nol KM Yogyakarta saat hari pelantikan Presiden Prabowo Subianto: Foto: Januardi/JPNN

Kemudian, wakil presiden Gibran Rakabuming Raka dianggap terpilih dengan cara-cara yang melanggar konstitusi.

Sejumlah massa menggelar mimbar demokrasi di selasar Gedung Agung Yogyakarta pada Minggu (20/10). Mereka mengajak masyarakat untuk mengawasi pemerintahan baru.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News