Kasus PMK Pertama di Bantul Langsung Menyerang 88 Ternak, Duh

Kamis, 02 Juni 2022 – 16:34 WIB
Kasus PMK Pertama di Bantul Langsung Menyerang 88 Ternak, Duh - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Kasus PMK di Bantul. Foto: ANTARA/HO-Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo

jogja.jpnn.com, BANTUL - Kabupaten Bantul mencatatkan kasus pertama ternak dengan penyakit mulut dan kuku (PMK) setelah hasil uji laboratorium Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates Yogyakarta keluar pada Rabu (1/6).

Total ada 13 ternak yang telah dikonfirmasi positif PMK, tetapi puluhan lainnya memiliki suspek yang serupa dengan penyakit itu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul Joko Waluyo mengatakan lembaganya memperkirakan bahwa ada 88 ternak yang positif PMK.

"Sudah ada hasil dari laboratorium BBVet Wates Yogyakarta 13 ekor, sedangkan 75 ternak lainnya masih suspek. Saya meyakini itu mengarah pada PMK karena memperhatikan gejala pada ternak tersebut," kata Joko, Kamis (2/6).

Joko mengatakan ternak yang terinfeksi PMK itu terdiri atas lima ekor domba yang berasal dari Gilang Desa Baturetno, Banguntapan, delapan ekor ternak lainnya juga di Banguntapan, sementara sisanya dari Desa Segoroyoso, Kecamatan Pleret.

"Sekarang teman-teman baru melakukan pengobatan di tiga titik, di antaranya di wilayah Segoroyoso. Semua di kandang kelompok bersama Fakultas Kedokteran Hewan dan BBVet Wates," katanya.

Menurut Joko, Desa Segoroyoso selama ini memang dikenal sebagai sentra ternak di Kabupaten Bantul.

"Di daerah situ banyak jagal dan perputaran ternak cepat. Hasil penelusuran ternak-ternak itu dari Bantul, ternak lama yang ada di kandang kelompok," katanya.

Kabupaten Bantul mencatatkan kasus pertama ternak dengan PMK. Tidak tanggung-tanggung, langsung menyerang 88 hewan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia