Harga Tiket Candi Borobudur Rp 750 Ribu, Luhut: Prinsipnya Gotong Royong

Minggu, 05 Juni 2022 – 12:53 WIB
Harga Tiket Candi Borobudur Rp 750 Ribu, Luhut: Prinsipnya Gotong Royong - JPNN.com Jogja
Kata Luhut soal kenaikan harga tiker masuk Candi Borobudur. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kembali jadi pembahasan warganet.

Nama Luhut menggema di media sosial Twitter dengan lebih dari 5.000 twit.

Pemicunya tak adalah soal pengumuman tentang rencana kenaikan tarif tiket masuk ke Candi Borobudur yang ada di Magelang, Jawa Tengah.

Luhut mengatakan pemerintah akan menguji coba kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur menjadi 100 dolar untuk turis asing dan Rp 750 ribu untuk turis dalam negeri.

Artinya, masyarakat Indonesia yang hendak masuk ke salah satu situs bersejarah itu harus merogoh kocek lebih dalam.

Menurut Luhut, keputusan itu diambil untuk membatasi jumlah pengunjung Candi Borobudur hanya 1.200 orang per hari.

"Sambatan dalam bahasa Jawa yang berarti gotong royong adalah prinsip yang kami pakai untuk bersama-sama mengembangkan konsep Candi Borobudur sebagai laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf internasional," kata Menko Marves melalui akun instagram @luhut.pandjaitan, Minggu (5/6).

Luhut mengatakan bahwa pemerintah ingin menekankan sinergi antara konservasi dan pariwisata melalui mekanisme single authority agency.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan kembali jadi perbincangan karena berencana menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur menjadi Rp 750 ribu. Ini alasannya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia