Sri Sultan HB X Bicara Era Society 5.0, Berharap Masyarakat Makin Sejahtera

Jumat, 10 Juni 2022 – 16:06 WIB
Sri Sultan HB X Bicara Era Society 5.0, Berharap Masyarakat Makin Sejahtera - JPNN.com Jogja
Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan cabang Teleperformance Indonesia di Yogyakarta pada Kamis (9/6). Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan transformasi digital telah merambah ke semua aspek kehidupan manusia. 

Menurut Ngarsa Dalem, masyarakat Indonesia saat ini harus memiliki tujuan yang lebih maju untuk mencapai era Society 5.0.

"Kita tentu sudah familiar dengan istilah era Industri 4.0. Namun, perlu diketahui bahwa era ini dapat dikatakan ideal hanya jika yang menjadi tujuan besarnya adalah era Society 5.0," kata Ngarsa Dalem dalam grand launching kantor kedua Teleperformance Indonesia di DIY pada Kamis (9/6).

Menurutnya, Society 5.0 adalah sebuah konsep bagaimana memanusiakan manusia. 

Ia menjelaskan bahwa konsep tersebut bukan cara untuk menggeser posisi atau mengecilkan nilai manusia. 

Justru sebaliknya, teknologi dapat dimaksimalkan guna meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia. 

"Kondisi ideal ini juga ditandai dengan keadaan di mana human intelligence dilihat sebagai sesuatu yang mahal harganya. Adapun dalam dunia kerja atau bisnis, value manusia salah satunya dapat dilihat dari bagaimana perusahaan melihat dan memperlakukan para pekerjanya," jelas HB X.

Ia berharap Teleperformance Indonesia ini dapat melihat SDM dari sudut pandang human capital, bukan sekadar human resources.

Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan perkembangan teknologi bukan cara untuk menggeser posisi atau mengecilkan nilai manusia. Itulah makna era Society 5.0.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News