Yakin Covid-19 Terus Melandai, Pemkab Sleman Sudah Ancang-Ancang Menuju Endemi

Minggu, 12 Juni 2022 – 17:20 WIB
Yakin Covid-19 Terus Melandai, Pemkab Sleman Sudah Ancang-Ancang Menuju Endemi - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Sleman menuju fase endemi Covid-19: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, SLEMAN - Kasus Covid-19 di Indonesia terus menujukkan tren penurunan sehingga hampir seluruh wilayah kini berstatus PPKM level 1.

Di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) laju penularan kasus berada di angka 1,25 dan 0,72 untuk positivity rate.

Angka tersebut tergolong sangat rendah karena di bawah 5.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sleman kini telah bersiap-siap untuk menuju fase endemi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Cahya Purnama mengatakan pihaknya telah melakukan beberapa persiapan agar masyarakat nantinya bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

Kebijakan itu, menurut dia, dijalankan karena grafik angka kasus penularan virus Corona terus menurun, cakupan vaksinasi sudah cukup tinggi, dan Sleman sudah masuk wilayah PPKM level 1.

Meskipun begitu, kata Cahya, Dinas Kesehatan Sleman akan terus memantau laju penularan penyakit, angka kesembuhan dan angka kematian pasien, dan tingkat keterisian tempat tidur pasien di rumah sakit.

Menurut Cahya, tingkat kematian akibat Covid-19 sudah berada di angka 0,08 dan tingkat keterisian tempat tidur perawatan pasien dengan infeksi virus corona sudah turun ke angka 0,39 persen.

Pemkab Sleman yakin bahwa Covid-19 akan segera melandai sehingga mereka sudah mempersiapkan diri masuk ke fase endemi.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News