Peran Penting Persparawi Bagi Kerukunan Antarumat Beragama

Selasa, 21 Juni 2022 – 14:03 WIB
Peran Penting Persparawi Bagi Kerukunan Antarumat Beragama - JPNN.com Jogja
Pesparawi Nasional XIII akan digelar di Yogyakarta. Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XIII akan digelar di Yogyakarta pada 19-26 Juni 2022.

Sebanyak 8.144 peserta yang berasal dari 34 provinsi akan berkumpul di Yogyakarta untuk mengikuti event tiga tahunan tersebut.

Pembukaan Pesparawi Nasional XIII di Candi Prambanan pada Senin (20/6) malam dihadiri langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa'adi.

Menurut Zainut Tauhid, Pesparawi memiliki peran penting dalam upaya untuk menciptakan kerukunan antarumat beragama di Indonesia.

"Dalam konteks masyarakat majemuk, Pesparawi yang diselenggarakan secara bergantian memberikan sumbangsih besar dalam menunjukkan rasa cinta, nasionalisme, dan mengembangkan kerukunan hidup antarumat beragama di Indonesia," kata Zainut Tauhid.

Terlebih lagi, pembukaan dan penyelenggaraan Pesparawi Nasional XIII berlangsung di Candi Prambanan yang merupakan candi terbesar umat Hindu di Indonesia.

"Tepatlah jika Pesparawi disebut sebagai salah satu implementasi moderasi beragama karena sekat-sekat dan dinding pemisah dikesampingkan dan diganti dengan tali persaudaraan," ujar dia.

Moderasi beragama, lanjut Zainut, merupakan sebuah langkah besar dalam menumbuhkan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.

Acara Pesparawi Nasional XIII yang berlangsung di Yogyakarta dianggap memiliki peran penting dalam menciptakan kerukunan antarumat beragama.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News