Di Bantul Ada Tim Pemantau Hewan Kurban, Apa Tugas Mereka?

Jumat, 08 Juli 2022 – 22:49 WIB
Di Bantul Ada Tim Pemantau Hewan Kurban, Apa Tugas Mereka? - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Petugas pemantau hewan kurban di Bantul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mengawasi penyembelihan hewan kurban pada perayaan Iduladha 1443 Hijriah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul Joko Waluyo mengatakan tidak kurang dari 150 petugas gabungan akan diterjunkan ke beberapa masjid dan musala pilihan untuk mengawasi kesehatan ternak yang akan dikurbankan.

Petugas tim gabungan pemantau hewan kurban di Bantul terdiri dari medis dan paramedis, inseminator atau kawin suntik, dan mahasiswa kedokteran hewan dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Menurut Joko, semua petugas pengawas dan pemantau hewan kurban tersebut sudah diberikan bimbingan teknis (bimtek) dari pemerintah, agar memahami tugas dan pekerjaan di lapangan saat pemotongan pada 9 dan 10 Juli 2022.

"Di Bantul ada dua hari pemotongan, pada 9 dan 10 Juli. Nanti, pada hari itu kami mohon petugas untuk bisa memantau pelaksanaan pemotongan hewan baik secara syariat Islam maupun secara kesehatan dari ternak itu," katanya.

Dengan demikian, kata dia, diharapkan nantinya benar-benar bisa mewujudkan daging yang baik, daging sehat yang siap dikonsumsi masyarakat Kabupaten Bantul pada pelaksanaan hari raya Iduladha 2022.

Joko mengatakan bahwa pada Iduladha 2021, jumlah sapi yang dipotong di Bantul mencapai 6.500 ekor, sedangkan kambing dan domba sekitar 12 ribu ekor.

Total jumlah masjid dan musala di Bantul adalah 2.700 tempat sehingga lokasi pemotongan hewan kurban tidak semuanya terpantau.

Pemerintah Kabupaten Bantul menerjunkan 150 petugas pemantau hewan kurban yang akan disembelih pada Iduladha tahun ini.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia