Disdikpora Gunungkidul Akan Sidak Kegiatan Masa Pengenalan Sekolah, Siap-Siap

Senin, 11 Juli 2022 – 12:34 WIB
Disdikpora Gunungkidul Akan Sidak Kegiatan Masa Pengenalan Sekolah, Siap-Siap - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Masa pengenalan sekolah di Gunungkidul. Foto: Dean Pahrevi/JPNN.com

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Sekolah negeri di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sedang menyelenggarakan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tahun ajaran 2022/2023 dari 11 sampai 13 Juli 2022.

Selama MPLS, sekolah dilarang melakukan kegiatan yang mengarah pada kekerasan dan perpeloncoan terhadap peserta didik.

Guna mengantisipasi adanya kegiatan yang menyimpang dari aturan, Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul akan melakukan inspeksi mendadak terhadap beberapa sekolah yang sedang menggelar MPLS.

"Kami akan melakukan pengawasan MPLS, jangan sampai ada praktik perpeloncoan yang menjurus ke tindakan persekusi," kata Kepala Dinas Pendidikan Gunung Kidul Nunuk Setyowati, Senin (11/7).

Menurut dia, Dinas sudah mengeluarkan surat edaran mengenai MPLS Tahun Ajaran Baru 2022/2023 yang meliputi pedoman pelaksanaan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru.

Ia mengatakan bahwa sesuai pedoman kegiatan MPLS meliputi pengenalan program serta sarana dan prasarana sekolah, pembinaan awal mengenai kultur sekolah, penanaman konsep pengenalan diri, serta pengenalan tata cara belajar di lingkungan baru.

"Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar sehingga para siswa baru cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah," kata Nunuk.

Kepala SMP Negeri 2 Wonosari Agus Maryanto mengatakan bahwa pengelola sekolah berkomitmen mencegah pelaksanaan kegiatan yang mengarah ke perundungan selama MPLS dengan meminimalkan keterlibatan siswa senior dalam kegiatan.

Dinas Pendidikan Gunungkidul akan menginspeksi beberapa sekolah yang sedang menggelar MPLS. Jangan sampai ada perundungan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News