Perhatikan! Kegiatan yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan Saat Masa Pengenalan Sekolah

Senin, 11 Juli 2022 – 11:05 WIB
Perhatikan! Kegiatan yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan Saat Masa Pengenalan Sekolah - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Masa pengenalan sekolah di Jogja. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Hampir semua sekolah negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pekan ini melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) untuk tahun ajaran 2022/2023.

Dinas pendidikan, pemuda dan olahraga (Disdikpora) di setiap kabupaten/kota di DIY mengingatkan pihak sekolah agar tidak melakukan kegiatan yang bertentangan dengan tujuan dan aturan yang berlaku.

Disdikpora Kabupaten Kulon Progo misalnya, ingin agar MPLS diisi dengan kegiatan bermanfaat, terstruktur, terukur, dan dipenuhi dengan materi-materi menarik.

Kepala Disdikpora Kulon Progo Arif Prasarana mengatakan MPLS Tahun Ajaran  2022/2023 berlangsung dari 11-13 Juli di jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP).

"Dilarang mengisi MPLS dengan kegiatan-kegiatan yang merugikan peserta didik dan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan tujuannya," kata Arif, Senin (11/7).

Ia mengatakan MPLS sebagai sarana untuk mengenalkan siswa baru dengan lingkungan sekolahnya, baik pengenalan lingkungan fisik, guru, cara pembelajaran, kurikulum, ekstra kurikuler dan kegiatan-kegiatan yang relevan dengan proses pendidikan yang ada di satuan pendidikan tersebut.

"Kami akan memberikan sanksi administratif jika ditemukan sekolah melanggar ketentuan yang berlaku," katanya.

Selain siswa baru, seluruh siswa kelas 2-6 SD dan 2-3 SMP juga mulai mengikuti pelajaran secara penuh selama 8 jam.

Sekolah-sekolah di Jogja yang sedang melaksanakan masa pengenalan sekolah kepada siswa, wajib memperhatikan beberapa aturan ini.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News