Revitalisasi Cagar Budaya di Kompleks Disdikpora Yogyakarta Baru 35 Persen

Rabu, 26 Oktober 2022 – 15:26 WIB
Revitalisasi Cagar Budaya di Kompleks Disdikpora Yogyakarta Baru 35 Persen - JPNN.com Jogja
Salah satu bangunan cagar budaya di Kota Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki proyek revitalisasi bagunan cagar budaya di kompleks kantor Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogyakarta.

Proyek senilai Rp 525 juta itu dikerjakan menggunakan dana keistimewaan 2022.

Namun, sampai saat ini pengerjaan revitalisasinya baru mencapai 35 persen. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Warisan Budaya Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Susilo Munandar.

"Agak sedikit lambat, tetapi kami tetap berusaha menyelesaikan revitalisasi pada akhir tahun," kata dia, Rabu (26/10).

Menurut Susilo, ada dua bangunan cagar budaya bergaya arsitektur Indhische campur Jawa dan China di kompleks Kantor Disdikpora Kota Yogyakarta yang atapnya memerlukan perbaikan.

"Atap bangunan sudah bocor. Banyak kayu yang rusak sehingga harus diperbaiki agar tidak membahayakan," katanya.

Ia mengatakan dalam proses revitalisasi sangat penting untuk memastikan kontraktor memiliki tim arkeolog yang memahami gaya arsitektur bangunan agar revitalisasi bisa dilalukan sesuai dengan kondisi bangunan awal.

"Revitalisasi dilakukan untuk mengembalikan kondisi bangunan seperti sediakala sehingga material yang digunakan pun diupayakan sesuai atau mendekati material yang asli," katanya.

Saat ini sedang berlangsung revitalisasi bangunan cagar budaya di kompleks kantor Disdikpora Kota Yogyakarta. Namun, pengerjaannya baru 35 persen.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News