Bantul Percepat Pengembangan Desa Budaya, Puluhan Orang Ikut Pelatihan Pokdarwis

Minggu, 09 Oktober 2022 – 20:59 WIB
Bantul Percepat Pengembangan Desa Budaya, Puluhan Orang Ikut Pelatihan Pokdarwis - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Desa budaya di Kabupaten Bantul. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sedang serius mengembangkan desa budaya dengan menggelar pelatihan kepada puluhan orang untuk menjadi anggota kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Dinas Priwisata Kabupaten Bantul akan mengadakan pelatihan dan sosialisasi sadar wisata dan sapta pesona bagi sepuluh desa budaya.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan setiap desa akan mengirimkan 20 orang agar menjadi bagian dari pokdarwis sesuai dengan Peraturan Gubernur DIY 2022.

"Kami dorong agar ada percepatan di sana," kata dia, Minggu (9/10).

Jika pokdarwis sudah terbentuk, kata Kwintarto, potensi desa budaya dan pariwisata akan cepat berkembang.

"Ini penting karena menjadi bagian sinergitas dan sesuai amanat dari gubernur untuk menggunakan Dana Keistimewaan (Danais) DIY. Pada saatnya nanti akan menjadi desa budaya yang mandiri sehingga menjadi pilar pariwisata," ucapnya.

Dia mengatakan bahwa Gubernur DIY Sri Sultan Hamenku Buwono X berharap agar danais bisa menjadi penopang perekonomian masyarakat. Menurutnya, danais paling tepat jika diinvestasikan pada sektor pariwisata.

"Tidak sekadar dipakai untuk kegiatan yang satu hari selesai, tetapi bagaimana ketika itu bisa dilakukan masyarakat lalu di situ terskema menjadi salah satu kegiatan dalam rangka mengembangkan pariwisata," ucapnya.

Pemkab Bantul menggelar pelatihan untuk membentuk pokdarwis di sepuluh desa budaya. Puluhan orang jadi peserta.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News