20 Cagar Budaya Baru di Bantul

Rabu, 14 Desember 2022 – 18:30 WIB
20 Cagar Budaya Baru di Bantul - JPNN.com Jogja
Penetapan cagar budaya di Bantul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Dua puluh benda, bangunan dan objek baru saja ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Benda-benda itu ditetapkan sebagai cagar budaya karena merupakan bagian dari peninggalan peradaban masa lalu yang memiliki nilai sejarah.

Kepala Dinas Kebudayaan Bantul Nugroho Eko Setyanto mengatakan penetapan cagar budaya diwujudkan dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Cagar Budaya oleh Bupati Bantul kepada 20 pengelola sebagai anugerah atas dedikasi mereka dalam pelestarian cagar budaya.

"Hal itu sebagai wujud penghargaan, apresiasi terhadap para pengelola cagar budaya yang telah ditetapkan karena sampai saat ini masih bersemangat mengelola cagar budaya yang ada di wilayahnya masing-masing," katanya di sela penyerahan SK Cagar Budaya.

Menurut dia, penetapan bangunan ataupun objek cagar budaya melalui SK ini merupakan anugerah karena tidak semua wilayah memiliki cagar budaya yang begitu lengkap seperti yang ada di Bantul mulai dari zaman prasejarah.

"Ini suatu anugerah yang diberikan kepada masyarakat Bantul untuk dikelola dan kemudian setelah ditetapkan, action selanjutnya harus diupayakan seperti apa, supaya cagar budaya itu bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat," katanya.

Lebih lanjut, Nugroho mengatakan penetapan cagar budaya oleh pemerintah sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu, penetapan dilakukan setelah ada kajian yang mendalam dari tim penilai cagar budaya dari Dinas Kebudayaan DIY maupun tim ahli.

Dia mengatakan yang mendapatkan anugerah penetapan cagar budaya ini adalah objek dan bangunan yang dilakukan kajian selama dua tahun terakhir dari 2021 sampai 2022.

Pemkab Bantul baru saja menetapkan 20 cagar budaya yang baru sebgaia bagian dari peninggalan sejarah.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia