Jika Memiliki Ciri-Ciri Ini, Berarti Anda Sedang Insecure

Rabu, 13 Juli 2022 – 21:04 WIB
Jika Memiliki Ciri-Ciri Ini, Berarti Anda Sedang Insecure - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Ciri-ciri orang insecure. Foto: Dokumen JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah insecure yang terkadang dimiliki oleh beberapa orang.

Insecure merupakan rasa tidak percaya diri yang dimiliki seseorang, merasa kurang mampu, disertai dengan ketidakpastian dan kecemasaan dalam berhubungan dengan orang lain.

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Acintya Ratna Priwati menjelaskan apa yang menyebabkan seseorang bisa merasa insecure. 

"Insecurity ini bisa muncul dalam berbagai bentuk yang secara umum terkait dengan perasaan ditolak, tidak dicintai, merasa terisolasi dan lainnya," kata Acintya, dikutip dari laman resmi UGM.

Menurut dia, perasaan insecure dapat muncul secara alami karena manusia telah terbiasa membandingkan, menilai, dan mengevaluasi diri sendiri.

Salah satunya karena pengalaman masa lalu yang kurang menyenangkan.

Orang yang pernah dinilai negatif atau melihat seseorang dinilai negatif memiliki peluang lebih besar untuk merasa insecure.

"Peristiwa ini terekam dalam memori tidak sadar dan membentuk pola perilaku tertentu pada diri kita maupun orang lain," ucap Acintya.

Kita sering mendengar istilah insecure. Kenali ciri-cirinya seperti yang dijelaskan oleh psikolog UGM Acintya Ratna Priwati.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia